Return to site

CRM Dalam Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan & Mengoptimalkan Efisiensi Bisnis

· Tips Sales

Platform CRM merupakan suatu alat yang memberikan keuntungan bagi tim penjualan dan pelanggan. Dalam bisnis, CRM menyediakan alat yang membantu meningkatkan kualitas hubungan yang langgeng, bermakna dan menguntungkan bagi perusahaan. Dari perspektif pelanggan, mereka mendapatkan pengalaman yang dipersonalisasi dan perlakuan yang lebih baik dari perusahaan. Manfaat CRM meliputi seluruh siklus penjualan, mulai dari mengidentifikasi prospek hingga mengubah mereka menjadi pelanggan setia, serta memastikan kepuasan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian kembali di masa mendatang. Solusi CRM memberikan manfaat utama dengan membantu Anda mengelola hubungan dengan pelanggan secara lebih efektif. Dalam hal ini, berbagai manfaat tersebut adalah cara-cara untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dengan mengimplementasikan CRM:

 

1. Pusat Data Pelanggan yang Terpusat
Salah satu manfaat utama dari CRM adalah menyatukan semua informasi pelanggan Anda dalam satu tempat yang dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan. Dengan adanya basis data terpusat yang mencakup semua informasi yang Anda miliki tentang pelanggan, Anda dapat memanfaatkan platform CRM untuk mengotomatiskan tugas-tugas dan memahami perilaku pelanggan dengan lebih baik.

 

2. Identifikasi dan Konversi Lebih Banyak Prospek
Anda berusaha untuk menarik perhatian orang melalui iklan di media sosial, memulai sebuah blog, atau bahkan berpartisipasi dalam pameran. Tetapi setelah berhasil menarik perhatian mereka, apa langkah selanjutnya? Apakah Anda tahu jika mereka benar-benar tertarik? Jika Anda menggunakan CRM, Anda dapat mendapatkan wawasan mengenai hal ini. Salah satu manfaat lain dari CRM adalah memberikan kerangka kerja yang memungkinkan Anda mengoptimalkan saluran prospek Anda.

 

3. Meningkatkan Retensi Pelanggan
Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru adalah 5-25 kali lebih tinggi daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu, menjaga pelanggan yang sudah ada merupakan kunci keberhasilan jangka panjang bagi perusahaan. CRM yang difokuskan pada pemasaran membantu bisnis mencapai hal ini melalui berbagai cara. Dengan adanya data pelanggan yang dibagikan di seluruh departemen, menjadi lebih mudah untuk mengantisipasi masalah dan menyelesaikannya dengan cepat. CRM juga dapat mencegah pelanggan pergi karena kelalaian dengan mendorong tenaga penjualan untuk menghubungi mereka secara rutin atau mengirim email secara otomatis.

 

4. Mengambil Keputusan yang Bijaksana Berdasarkan Data
Banyak platform CRM menyediakan alat analisis data yang memungkinkan bisnis untuk mendapatkan wawasan yang tidak terlihat atau terlewatkan oleh tim. Anda dapat mengukur segala hal mulai dari sentimen pelanggan dan sejauh mana Anda memenuhi harapan mereka, kinerja tim penjualan, hingga keberhasilan kampanye pemasaran yang telah dilakukan.

 

5. Mengotomatiskan Tugas-tugas yang Membosankan
Solusi CRM membebaskan anggota tim dari tugas-tugas yang memakan waktu dan berisiko kesalahan. Sebagai contoh, seorang profesional pemasaran dapat mengirim 1.000 email yang dipersonalisasi tentang penawaran penjualan dalam waktu beberapa jam kepada pelanggan berdasarkan lokasi mereka. CRM juga membantu memenuhi syarat prospek sehingga Anda dapat menghubungi pelanggan sebelum mereka melupakan Anda. Departemen penjualan dapat mengotomatiskan penugasan sales representative untuk prospek baru atau mengelola tiket layanan guna memenuhi permintaan atau memahami minat pelanggan secara lebih efektif.